Senin, 29 April 2013

Walikota Serahkan Insentif RT Triwulan I

Memperhatikan peran penting Ketua RT di tengah masyarakat dalam pembangunan Kota Jambi, maka Pemerintah Daerah perlu memberikan apresiasi positif dalam bentuk insentif kepada seluruh Ketua RT se Kota Jambi. Untuk itu, pada Senin (29/04) bertempat di Rumah Dinas Walikota Jambi, Walikota Jambi dr. HR Bambang Priyanto menyerahkan secara langsung insentif kepada para Ketua RT se Kota Jambi pada Triwulan I. Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kota Jambi Ir. H Daru Pratomo, Ketua TP PKK Kota Jambi Ibu Roro Endah Nirwani, Staf Ahli, Asisten, Kepala SKPD, Camat hingga Lurah Lingkup Kota Jambi.


Insentif Ketua RT mulai Tahun Anggaran 2013 ini, diserahkan langsung melalui Kecamatan masing - masing. Adapun jumlah uang yang diterima oleh para Ketua RT sejumlah Rp. 175.000 per bulan, dan insentif tersebut diserahkan kepada 1.520 Ketua RT se Kota Jambi. Mengenai jumlah uang yang diterima saat ini, Walikota Jambi berkeinginan agar jumlah uang yang diterima bisa dinaikan lagi menjadi Rp. 500.000 hingga Rp. 1.000.000 per bulan, disesuaikan dengan peran dan tanggung jawab Ketua RT yang juga akan semakin ditambah lagi.

 
Pada acara tersebut, salah satu perwakilan Ketua RT yakni Syafrudin Ketua RT 6 Kelurahan Simpang 4 Sipin menyampaikan bahwa program yang telah dijalankan saat ini sudah lebih baik dari yang sudah - sudah, ditambah lagi pembangunan yang juga sudah berjalan dengan baik. Namun Syafrudin meminta bahwa masih ada di beberapa daerah lainnya yang perlu mendapat perhatian Pemerintah mengenai oknum - oknum yang sering melakukan pungli. Menyikapi hal tersebut, Walikota Jambi langsung merespon dengan menyampaikan kepada para Camat untuk tidak memotong dalam dalih apapun untuk proses administrasi. "Pak Camat, jangan dipotong dalam dalih apapun, kalau ada Pak RT segera lapor ke saya", ujar Walikota Jambi.

Walikota Jambi dalam sambutannya menyampaikan, sesungguhnya tugas RT tidaklah sebatas dilingkungan warganya semata, namun RT juga dapat menjadi penyambung lidah warganya dalam menyampaikan aspirasi akan kebutuhan - kebutuhan nyata pelayanan publik dan pembangunan dari Pemerintah pada forum - forum tertentu. Dengan berperannya RT, diharapkan mampu menjadi wadah mengemukakan pendapat, atau juga sebagai mediator dalam pemenuhan pelayanan dasar bagi masyarakat dari Pemerintah Daerah.

 
Ditambahkan lagi, melalui peran strategis Ketua RT ini diharapkan dpat dirumuskan program - program pembangunan yang strategis bersama masyarakat di tingkat kelurahan. Melalui peran Ketua RT ini juga diharapkan dapat meningkatkan semangat kebersamaan dan kegotong - royongan, dan menjadi pos utama dalam memperlancar suatu program pembangunan yang menjadi program prioritas bagi pemerintah.

Bila hal tersebut dilaksanakan dengan sebaik - baiknya dan dengan sungguh - sungguh maka upaya menciptakan Tanah Pilih Pesako Betuah Kota Jambi yang Bersih, Ekonomi Maju, Rukun, Aman, Adil dan Sejahtera akan dapat diwujudkan. Untuk itu Walikota Jambi mengajak, mari kita bangun kebersamaan dan partisipasi aktif semua pihak terutama dari para Ketua RT dalam rangka mewujudkan Rukun Tetangga (RT) yang maju mandiri dan partisipatif guna mendukung mensukseskan pelaksanaan program pembangunan Kota Jambi yang telah kita canangkan bersama.(wsl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar