Kamis, 18 April 2013

Pemkot Berikan Dana Bantuan Perbaikan Rumah

Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Tata Ruang dan Perumahan Kota Jambi menyerahkan dana bantuan perbaikan rumah masyarakat yang tidak layak huni se Kota Jambi tahun 2013. Acara penyerahan bantuan tersebut dihadiri oleh Walikota Jambi dr. HR Bambang Priyanto didampingi Ketua TP PKK Kota Jambi Ibu Roro Endah Nirwani. Tampak juga hadir Staf Ahli, Asisten, Kepala SKPD dalam Kota Jambi, para Camat dan Lurah se Kota Jambi, serta para mandor dan penerima bantuan yang rumahnya akan mendapatkan dana perbaikan.
Dalam laporannya, Kepala Dinas Tata Ruang dan Perumahan Kota Jambi H.A.Rachman Lani, SE menyampaikan bantuan perbaikan rumah tahun 2013, diberikan kepada 78 orang masyarakat yang tersebar dalam 45 Kelurahan dan 8 Kecamatan. Para penerima adalah mereka yang sejak awal telah diseleksi dan diusulkan di tingkat Kelurahan dan Kecamatan, sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dan telah di verifikasi lanjutan oleh Dinas Tata Ruang dan Perumahan Kota Jambi.

 
Total biaya yang akan diserahkan kepada penerima manfaat perbaikan rumah, menurut Rachman Lani, sebesar Rp. 887.810.000,- dan waktu yang disiapkan untuk pelaksanaan kerja perbaikan masing - masing rumah adalah selama enam hari kalender.

Walikota Jambi dalam sambutannya menyampaikan, seperti diketahui bersama bahwa rumah adalah hak dasar bagi setiap orang. Hal ini secara tegas diamanatkan dalam Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 pasal 28H ayat 1, bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik.Untuk itu, sejak tahun 2009, baik melalui pendanaan yang kita upayakan dari pemerintah pusat melalui program peningkatan kualitas perumahan maupun dari anggaran yang bersumber dari APBD Kota Jambi, program SAMISAKE Pemerintah Provinsi Jambi serta bantuan dari sektor swasta dan Bazda Kota Jambi. "Alhamdulillah lebih dari seribu seratus unit rumah yang tidak layak huni dapat ditingkatkan kualitasnya", ujar Walikota.

 
Walikota Jambi menambahkan, dalam kaitan dengan hal tersebut, saya selaku Walikota terus berkomitmen untuk meningkatkan upaya - upaya terkait dengan peningkatan kualitas dan akses masyarakat terhadap rumah yang layak termasuk memperbaiki lingkungan dan sanitasinya. Selain itu Walikota juga mengingatkan, kepada para Lurah, Camat dan SKPD yang terkait, kiranya dapat memandu dan melakukan pendampingan yang baik guna terlaksananya program perbaikan rumah ini.(wsl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar