Senin, 08 April 2013

Infrastruktur Pemkot Jambi Lampaui Target



Walikota Jambi dr. HR Bambang Priyanto menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Jambi, khususnya Dinas Pekerjaan Umum (PU), selama kurun waktu 2009 hingga 2012 telah melaksanakan semua pengerjaan proyek yang dibidanginya, diantaranya Cipta Karya, Bina Marga serta pengairan dan Drainase. Untuk di bidang Cipta karya, langkah konkrit yang telah dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Jambi menurut Walikota, yakni pembangunan jalan-jalan setapak dan jalan lingkungan di pemukiman warga, peningkatan kualitas sarana air bersih yang bertujuan agar warga –warga di Kota Jambi selalu mendapatkan pelayanan air yang bersih.


Pada bidang bina marga, peningkatan dan rehabilitasi jalan berstatus Kota terus dilakukan dengan intens. Dan pada bidang pengairan serta drainase langkah realisasi yang telah diambil selama 2012 ini yakni pembangunan drainase sepanjang 22,60 km. Untuk masalah banjir, Walikota Jambi menyampaikan, Pemerintah Kota Jambi telah menyusun Dokumen – dokumen perencanaan dan DED Drainase serta DED Jambi flood control, dimana untuk Jambi flood control tersebut Pemerintah Kota Jambi juga bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jambi.

Berikut ini merupakan ekspose perkembangan pelaksanaan pembangunan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Jambi dari 3 (tiga) lingkup bidang, yaitu bidang Cipta Karya, Bidang Bina Marga, dan Pengairan dan Drainase Pekerjaan Umum selama lima tahun terakhir (2009-2012): 

1.       Bidang Cipta Karya
Pembangunan Jalan Lingkungan / Jalan Setapak
·     Jalan non status yang berada di lingkungan permukiman penduduk yang memiliki lebar maksimal 3 m

·     Selama periode tahun 2009-2012 ditargetkan pembangunan Jalan Lingkungan sepanjang 100 kilometer  dengan cakupan semua  wilayah dalam Kota Jambi
·     Sampai dengan akhir tahun anggaran 2012 telah 117,12 kilometer dengan persentase realisasi capaian target sebesar 117,12%.
·     Pada tahun anggaran 2013 Dinas PU juga telah mengalokasikan dana untuk pembangunan jalan lingkungan sepanjang 75 kilometer.
Pembangunan Sarana Air Bersih
·     Pelaksanaan Pembangunan Sarana Air Bersih ditujukan untuk peningkatan cakupan pelayan dan mendukung Rencana Kinerja PDAM Tirta Mayang Jambi.
·     Sebagai komitmen, Pemerintah Kota Jambi telah melakukan Kerjasama Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Tanjung Sari dengan Pemerintah Provinsi dan PDAM,  melaksanakan instalasi jaringan pipa distribusi melalui sharing dana dengan APBD Provinsi Jambi dan APBN. Selain itu pemerintah Kota Jambi melalui APBD setiap Tahunnya melakukan pemasangan pipa sambungan rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).
PEMBANGUNAN SARANA AIR LIMBAH
·    Output dari kegiatan Pembangunan sarana air limbah ini adalah pembuatan MCK  dan septicktank komunal yang tersebar di 13 kelurahan dalam Kota Jambi yang masuk dalam kategori kawasan prioritas penanganan sanitasi.
·     Sampai dengan tahun 2013 telah terbangun 65 MCK dan 10 lokasi pembangunan septicktank komunal dengan cakupan masing-masing untuk 15-25 kepala keluarga serta 2 Lokasi Pembangunan SANIMAS.

2. Bidang Bina Marga
Peningkatan dan Rehabilitasi Jalan
·         Melaksanakan peningkatan dan rehabilitasi jalan yang ber status jalan kota.
·         Total panjang jalan dengan status jalan kota = 506,670  km yang terdiri dari 671 ruas jalan
·         Target selama 5 (lima) periode 2009 - 2013 tahun 100 km, dengan realisasi capaian sampai akhir TA 2012 adalah mencapai  lebih kurang 77,55 km. Pada TA 2013 juga telah dianggarkan kegiatan ini dengan target peningkatan dan rehabilitasi jalan sepanjang 34 km.
·         Selama 5 tahun terakhir  peningkatan dan rehabilitasi jalan menunjukkan pengaruh yang cukup signifikan terhadap perkembangan pertumbuhan ekonomi di Kota Jambi, hal ini dapat dilihat dari peningkatan berbagai sektor perekonomian di Kota Jambi secara signifikan.


3. Bidang Pengairan Dan Drainase :
Pembangunan pengairan dan drainase
·         Drainase : cara pengaliran air menuju ke badan air (sungai),  bukan merupakan pelengkap dari sarana jalan, merupakan bagian yang terpisah dari jalan
·         Pembangunan pengairan dan drainase yang dilakukan oleh pemerintah Kota Jambi selama 5 tahun ini meliputi peningkatan saluran drainase dengan target selama 5 (2009 – 2013) sepanjang 30 km
·         Realisasi capaian target sampai dengan TA 2012 telah terbangun sepanjang 22,60 km dan  pada tahun 2013 sudah dianggarkan untuk peningkatan saluran drainase sepanjang 8,70 km sehingga sampai dengan akhir tahun 2013 mencapai 31.30 km.
·         Dengan kondisi kontur tanah di Kota Jambi yang relatif rata dan pelaksanaan pembangunan dan pemanfaatan lahan yang tinggi maka pemerintah Kota Jambi bersama dengan Pemerintah Provinsi Jambi mengupayakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi waktu genangan akibat hujan pada wilayah-wilayah yang rawan potensi.
·         Saat ini telah disusun Dokumen Perencanaan dan DED Drainase serta DED Jambi Flood Control untuk penanganan Banjir  di Kota Jambi.

4. Dana Hibah dan Bantuan Lainnya di Bidang Pembangunan Pekerjaan Umum
·   Selama periode tahun 2009- 2012 banyak bantuan pendanaan di bidang infrastuktur, baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang rata-rata memiliki tujuan yang sama yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat dari bidang pembangunan sanitasi.
·   Hibah dari World Bank berupa dana WASAP-D mengalokasikan anggaran untuk pembangunan MCK dan septicktank komunal yang ditujukan pada kawasan prioritas penanganan sanitasi.
·   Selanjutnya    kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri merupakan kegiatan yang berbasis masyarakat terkait peningkatan lapangan pekerjaan. Kegiatan ini memiliki sasaran Keluarga Miskin di 61 Kelurahan dalam wilayah Kota Jambi.

  (wsl).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar